MeetUp #27

Real World AI Application for Healthcare

Big Data untuk kesehatan dan kecerdasan buatan di bidang kesehatan merupakan topik yang cukup menarik untuk dibahas apalagi dalam kondisi pendemi seperti saat ini.

Menurut data-data Indonesia termasuk negara di dunia yang memiliki anggaran yang tidak besar di bidang kesehatan, walaupun jumlah penduduknya termasuk yang terbesar. Belum lagi mengenai rasio dokter, Indonesia termasuk yang terendah di Asia Tenggara.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) diharapkan dapat membantu mengatasi keterbatasan di bidang kesehatan untuk meningkatkan layanan. Pada saat ini kecerdasan buatan menjadi bidang yang cukup 'hot' secara ilmu maupun bisnis. Banyak investor yang mau menggelontorkan dana yang besar untuk perusahaan rintisan yang berbasis kecerdasan buatan di bidang kesehatan.

Namun perkembangan tersebut bukan tidak banyak tantangannya, terutama yang berhubungan langsung dengan penanganan penyakit. Tapi yang tetap perlu diingat, kecerdasan buatan bukan untuk menggantikan manusia sebagai decision maker, namun digunakan untuk membantu manusia memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan.